12 Manfaat Menghabiskan Waktu Bersama Anak (Serta Tipsnya)

Manfaat Quality Time Bersama Anak - Orang tua yang sibuk bekerja hingga larut malam seringkali tidak memiliki waktu untuk anak. Apalagi jika dua-duanya bekerja, dampaknya bisa membuat anak tidak dekat dengan orang tuanya.

Quality time bersama keluarga adalah sebuah keharusan, sehingga masing-masing anggota keluarga harus meluangkan waktu untuk berkumpul, sekalipun memiliki kesibukan atau jadwal padat.

Manfaat Menghabiskan Waktu Bersama Anak
Keluarga | Photo credit: Shutterstock.com | By Monkey Business Images

Manfaat Menghabiskan Waktu Bersama Anak

Bekerja tentu wajib, tapi bukan berarti dari pagi sampai malam hanya untuk bekerja. Menghabiskan waktu berharga bersama anak sangat penting untuk tumbuh kembangnya, selain itu hubungan orangtua dan anak semakin erat.

Anak sangat butuh perhatian dari orangtuanya, disinilah pentingnya orangtua meluangkan waktu berkualitas bersama anak. Penting diketahui oleh semua orangtua bahwa dampak buruk kurangnya perhatian orangtua terhadap anak bisa sangat serius, yang membahayakan psikologi dan masa depan anak.

Oleh karena itu, jikapun sangat sibuk, orangtua perlu pintar-pintar membagi waktu antara pekerjaan dan anak.


Manfaat Quality Time Bersama anak


1. Ikatan Orangtua dan Anak Makin Erat

Eratnya hubungan orang tua dan anak sangatlah vital. Anak-anak muda yang terjatuh ke dalam pergaulan yang buruk umumnya akibat renggangnya hubungan di dalam keluarga. Menyediakan momen kebersamaan anggota keluarga wajib dilakukan.

Jika anak tidak mau dinasehati, keras kepala ataupun tidak mau diberikan masukan, itu mungkin karena Si Anak selama ini merasa tidak dekat dengan orang tuanya sendiri, akibat orangtua jarang meluangkan waktu untuk anak.

Manfaatkan momen kebersamaan untuk membangun hubungan emosional orangtua-anak, misalnya dengan:
  • Makan bersama di meja makan.
  • Melakukan pekerjaan rumah bareng-bareng.
  • Mengadakan liburan keluarga di hari libur.
  • Berkebun bersama.
  • Mengajak anak ikut outbond.
  • Aktivitas saling bercerita. Orangtua harus fokus mendengarkan saat anak bercerita, jangan mendengarkan cerita anak sambil main gadget.
  • Dan lainnya.

Selain itu ungkapkan rasa cinta kepada anak, bisa dengan kata-kata ataupun dengan memeluk dan menyentuh anak.

2. Anak Terhindar dari Pergaulan Buruk

Manfaat menghabiskan waktu bersama anak yaitu untuk membangun kedekatan hubungan emosional anak dengan orangtuanya. Dengan hubungan dan perasaan yang dekat antara anak dan orangtua, hal ini sangat membantu untuk mencegah anak dari pergaulan buruk.

Apalagi di zaman sekarang, pergaulan bebas semakin merajalela, ditambah dengan keberadaan internet yang membuat anak dapat dengan mudah mengakses konten-konten negatif.

Saat waktu bersama anak, orangtua juga biasanya secara otomatis akan memberikan pemahaman dan mengedukasi anak tentang kehidupan.

Jika hubungan orangtua dan anak dekat, bakal lebih mudah untuk memberikan masukan pada anak. Hal ini tidak akan didapatkan jika hubungan orangtua dan anak renggang,


3. Membuat Hati Tentram

Menghabiskan waktu bersama anak adalah hal yang membahagiakan dan menjadikan hati tentram. Saat Anda bekerja di kantor seringkali dihadapi pada kondisi tugas yang begitu padat sehingga membuat penat pikiran.

Selain itu juga mungkin rekan kerja menjengkelkan, atasan yang galak dan hal-hal tidak menyenangkan lainnya di tempat kerja.

Momen-momen bersama anak ternyata ampuh untuk membuat hati menjadi bahagia dan tentram. Betapa bahagianya saat memeluk anak-anak. Tingkah anak yang polos dan manja ternyata dapat menjadi obat alami untuk menghilangkan rasa penat.

4. Prestasi Belajar Anak Meningkat

Momen kebersamaan dapat diisi untuk mengarahkan buah hati, mendorong anak dalam menyelesaikan tugas sekolahnya, hingga membantu anak dalam permasalahan sosial di sekolahnya. Jika anak mengalami suatu kesulitan maka jangan dicueki.

Selain itu, minta anak bercerita tentang hal-hal apa saja yang terjadi di sekolah. Biarkan anak curhat panjang lebar mengenai pengalamannya di sekolah hari ini.

Penelitian menunjukan anak-anak yang memiliki ikatan harmonis dan merasa dekat dengan orangtuanya secara umum memiliki prestasi akademik yang lebih baik.

5. Membangun Keluarga Harmonis

Untuk membentuk keluarga harmonis maka hanya bisa diperoleh jika orang tua menyediakan quality time untuk anak-anaknya. Jika bekerja berangkat sebelum subuh lalu pulang jam 9 malam, mana waktu untuk anak-anak?

Berkumpul sesama anggota keluarga akan membuat suasana menjadi hangat dan dekat, masing-masing saling melindungi, alhasil akan diperoleh keluarga yang harmonis.

Manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga yaitu supaya dapat membangun keluarga yang harmonis, sesuatu yang didambakan setiap manusia.

6. Meningkatkan Kecerdasan Emosional (EQ) Anak

Manfaat meluangkan waktu bersama anak ternyata dapat meningkatkan kecerdasan emosional (EQ) anak. Anak menjadikan orangtuanya sebagai role model, kedekatan anak dengan orangtua dapat meningkatkan EQ anak, serta anak belajar cara bersosial dan bersikap dari orangtuanya.

Mendapatkan quality time yang cukup bersama orangtua menjadikan anak merasa diperhatikan dan disayangi, ini sangat bagus untuk kesehatan mental anak, sehingga anak bakal tumbuh dengan kecerdasan emosional yang baik.

Adapun kekerasan para remaja seringkali disebabkan minimnya perhatian sejak kecil. Tugas orangtua amat vital untuk membentuk kepribadian anak.

Anak secara alami akan belajar dari orangtuanya tentang:
  • Cara mengelola emosi diri sendiri.
  • Cara mengungkapkan perasaan.
  • Cara berdiskusi.
  • Cara bernegoisasi dengan pihak lain.
  • Cara menenangkan diri sendiri.
  • Cara mengenali perasaan orang lain.

7. Anak Tumbuh dengan Percaya Diri

Manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga yaitu bisa membina keyakinan diri yang kuat untuk semua anggota keluarga.

Rasa percaya diri anak terbangun dari keterampilan khusus yang berhasil dikuasainya, serta kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi yang baik.

Riset menunjukan mereka yang punya hubungan dekat dengan orangtuanya menguasai skill komunikasi dan pemecahan masalah yang lebih baik, serta memiliki lebih banyak keterampilan.

Kepercayaan diri anak juga tumbuh melalui perasaan anak yang positif, yaitu anak merasa bahwa dirinya dihargai dan dicintai oleh orang-orang di sekelilingnya, khususnya orangtuanya. 

Sering beraktivitas bersama orangtua seharusnya akan menjadikan anak merasa dihargai. Ini sangat penting agar anak mempunyai pandangan yang lebih positif dalam hidup dan punya kepercayaan diri. 

Membangun kepercayaan diri anak amat krusial buat pergaulan-nya, dan juga sebagai modal berkompetisi di masa depan.


8. Membentuk Perilaku Positif Anak

Manfaat quality time bersama anak yaitu nantinya berdampak positif untuk anak yang sedang dalam proses bertumbuh-kembang secara pesat. Mereka yang sejak kecil banyak pengalaman bareng orangtuanya akan lebih terhindar dari aktivitas negatif seperti kenakalan remaja, tindakan kriminal dll.

Sebuah penelitian menemukan bahwa para remaja yang makan malam bersama keluarga secara rutin (lima kali atau lebih dalam seminggu) memiliki kasus lebih sedikit dari kenakalan remaja dan penyalahgunaan zat terlarang, dibandingkan yang tidak atau jarang makan malam bareng keluarga.

9. Membangun Rasa Percaya Antara Anak dan Orangtua

Bermain merupakan sesuatu yang paling disukai anak-anak, terutama lagi bermain dengan orang terdekat. Pikiran anak menjadi lebih rileks saat bermain, anak juga mengeksplor berbagai hal yang disukainya.

Orangtua hendaknya menyiapkan permainan seru bersama anak. Jika anak merasa orangtua selalu ada untuknya, anak pun akan menaruh kepercayaan tinggi pada orangtuanya. Hal ini membuat anak mudah menerima ucapan atau nasehat orangtuanya.

Jika anak susah dibilangin, itu artinya selama ini anak kurang dekat dengan orangtuanya, anak tidak lagi menaruh kepercayaan pada orangtuanya. Para ahli juga menyarankan agar setidaknya sebulan sekali orang tua menghabiskan waktu bersama anak dengan pergi ke alam terbuka.

Bermain di alam membuat anak tidak gampang marah, hal itu karena udara di alam benar-benar menyegarkan dan bikin jiwa jadi rileks. Hal seperti ini membantu anak dalam upaya kontrol emosi. 

Nantinya momen yang digunakan bareng-bareng keluarga bakal menciptakan kebahagiaan tersendiri yang terus dikenang anak.


10. Menghilangkan Resiko Stres

Anda dapat manfaatkan waktu bersama keluarga untuk mencegah stres. Penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang memiliki hubungan keluarga yang sehat memiliki resiko lebih rendah terkena stres.

Memiliki hubungan yang sehat di keluarga juga membuat seseorang bisa menangai gejala stres dengan baik. Adapun orang-orang yang memiliki hubungan buruk dengan keluarganya cenderung mencari cara buruk dalam menghadapi stres seperti memakai obat-obatan terlarang dll.

Ketika quality time bareng-bareng keluarga, yaitu dengan komunikasi tatap muka bukan melalui perangkat digital, maka secara drastis bisa meminimalisir terjadinya stres, depresi, kecemasan, dan masalah psikis lainnya.

Hadir secara fisik bareng orang yang dicintai akan mewujudkan dukungan emosional yang kuat, yang bermanfaat besar untuk kesehatan psikis.

11. Memperpanjang Harapan Hidup

Penelitian menunjukan bahwa hubungan yang sehat dapat meningkatkan umur hingga 50%. Manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga secara rutin yaitu akan menciptakan pertalian yang kuat dan sehat antar anggota keluarga.

Maka dari itu orangtua perlu sebaik mungkin memanfaatkan waktu berharga bersama anak, apalagi jika orangtua memiliki jadwal pekerjaan padat.

Para ahli menjelaskan bahwa momen bareng-bareng keluarga dikaitkan dengan kehidupan yang lebih lama, lebih bahagia dan lebih bugar.

Sekalipun seseorang jarang melakukan olahraga tapi mempunyai kondisi keluarga yang harmonis, akan memilki harapan hidup lebih panjang dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki hubungan ini. Waktu bersama anak tidaklah lama karena tidak lama lagi anak bakal tumbuh dewasa. 


12. Menurunkan Risiko Masalah Perilaku pada Anak

Seseorang pada masa anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga, sehingga perlu diketahui para orangtua bahwa waktu bersama keluarga lebih penting dibandingkan sekedar upah lembur di pekerjaan.

Riset menunjukan bahwa anak-anak yang rutin menghabiskan waktu bersama keluarga menunjukkan risiko yang lebih kecil memiliki gangguan perilaku seperti kekerasan, kriminalitas dan obat-obatan terlarang.

Ketika seorang anak mendapatkan perhatian positif untuk perilaku baik, hal itu secara efektif menjadikan anak lebih bersemangat untuk melanjutkan perilaku baik tersebut.

Interaksi sehat di dalam keluarga akan memberikan jalan keluar untuk emosi anak yang terpendam. Mereka yang memiliki banyak momen bareng keluarga rata-rata prestasi di sekolahnya lebih tinggi, serta memiliki keterampilan sosial dan komunikasi yang lebih baik.

Utamakan menggunakan waktu berharga bersama anak daripada sekedar menggunakan waktu untuk bekerja lembur.

Tips Menghabiskan Waktu Bersama Anak


Suatu saat anak Anda akan tumbuh besar, sehingga ini adalah momen yang terlalu vital buat dilewatkan. Hanya perlu hal-hal sederhana untuk dapat menikmati waktu dengan anak, dimana yang diinginkan seorang anak tidaklah muluk-muluk, yakni Anda cuma perlu betul-betul ada buat anak.

Quality time bersama anak artinya fokus Anda hanya untuk anak. Padatnya tugas kantor menjadi penyebab banyak orangtua yang cuek, anak dibiarkan sendiri bermain.

Cuek terhadap momen yang amat vital ini menyebabkan Anda kehilangan masa-masa untuk mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan anak.

Maka dari itu, usahakan untuk menyempatkan waktu buat fokus hanya kepada anak. Aktif ikut serta dikala bermain bersama anak, jika anak bercerita maka fokus dengarkan lalu berikan respon positif. Anda bakal terpukau dengan cepatnya anak Anda berkembang.

Melangsungkan makan malam bersama bakal menjadi sesuatu yang spesial, Anda dapat melibatkan anak untuk ikut mempersiapkan menu makan malam, ini akan membuat anak merasa diakui keberadaannya.

Misalnya dengan meminta anak untuk mengantarkan makanan ke meja makan, atau saat proses memasak maka berikan anak kesempatan untuk menuangkan bumbu ke dalam santapan.

Walaupun anak mungkin tidak bisa mengingat seluruh pembicaraan dan candaan saat acara makan bersama keluarga, tapi anak bakal selalu ingat kalau orangtuanya senantiasa berusaha buat menyediakan waktu untuknya.

Anak bakal terus mengenang selamanya bahwa dahulu dirinya sering makan bersama orangtuanya sembari mengobrol dan bercanda.

Kondisikan suasana makan yang mengasyikan sehingga menjadi kenangan tersendiri untuk anak. Buatlah suasana makan keluarga yang terasa santai dan penuh canda tawa.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak:
  • Bercanda atau bercengkrama.
  • Bertukar cerita.
  • Bermain ke taman.
  • Olahraga bersama.
  • Memasak bersama.
  • Mengerjakan tugas akademik sekolah (PR).
  • Melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, merapihkan kamar tidur, mencuci baju, menyiram tanaman, dll.
  • Memperbaiki barang yang rusak bersama.
  • Mencuci mobil bersama. Pekerjaan bisa jadi lebih lama, tetapi kenangan yang terbentuk tidak bisa tergantikan.
  • Membaca buku bersama, misalnya bergiliran membaca buku dengan suara keras, antara orang tua dan anak.
  • Melakukan permainan seperti kejar-kejaran, petak umpet, olahraga bulu tangkis, bermain congklak, dll.
  • Travelschooling, yaitu bepergian ke mana saja, misalnya belanja ke pasar tradisional, pergi ke kebun binatang, museum, perpustakaan, jalan-jalan mencoba beberapa moda transportasi umum, silaturahim ke rumah kerabat, dll.




Baca Juga: